Wenzzmaniandevilz's Blog

All that we can do..

Urutan Lahir Pengaruhi Kepribadian?

KEPRIBADIAN seorang anak dipengaruhi banyak faktor. Keturunan dan lingkungan salah satunya. Di luar itu, urutan kelahiran disinyalir berpengaruh juga terhadap kepribadian anak. Benarkah?

Memiliki anak berkepribadian dan berkarakter kuat tentu menjadi dambaan semua orang tua. Namun walaupun saudara sekandung, mereka biasanya memiliki kepribadian yang berbeda. Noviarti, 38, misalnya, ibu dua anak ini mengatakan “Ya, anak kami yang bungsu, dia lebih mandiri lho dari pada kakaknya yang besar. Kalau waktu belajar tiba, saya lebih banyak meluangkan waktu dengan kakaknya daripada dengan dia.”

Sementara Linda, 40, lain lagi. Anak bungsunya lebih ekspresif dibandingkan anak yang pertama. “Yang besar malah lebih cenderung pendiam,” katanya. Bagi mereka, memahami karakter si kecil sangat penting untuk menerapkan pola asuh mereka. Benarkah urutan kelahiran mereka berpengaruh terhadap kepribadian mereka?

Dikatakan praktisi emotional intelligence parenting dari Radani Emotional Intelligence Parenting Center, Hanny Muchtar Darta Certified EI PSYCH-K SET, bahwa penelitian menunjukkan memang ada kaitan antara urutan kelahiran dan kepribadian anak. Dengan kata lain, tumbuh-kembang si anak dalam beberapa hal tertentu dipengaruhi urutan kelahiran dalam keluarga, misalnya kepribadian anak pertama, kedua, ketiga, anak tengah, dan anak tunggal.

Penelitian menunjukkan bahwa temperamen anak, sosial skills, kemampuan memecahkan masalah, dan rasa percacya diri anak dipengaruhi urutan kelahiran anak.

“Harap diingat bahwa urutan kelahiran anak hanyalah satu dari beberapa faktor lainnya yang mempengaruhi perkembangan anak. Dan, faktor terpenting lainnya adalah bagaimana Anda sebagai orangtua, sebagai ayah dan ibu mengasuh si buah hati, “ucap praktisi lulusan [endidikan di Emotional Intelligence Six Seconds USA pada 2004 dan 2005 ini.

Hanny menjelaskan bagaimana urutan kelahiran dalam keluarga mempengaruhi kepribadian anak. Mari bayangkan bersama, dan anda pun akan memahaminya secara mudah. Ketika anak pertama lahir, dia biasanya memdapatkan segala perhatian dari keluarga, ayah, ibu, dan keluarga besarnya, apalagi jika kelahirannya sudah ditunggu, atau merupakan cucu pertama yang ditunggu keluarga besar.

Ayah dan ibu akan berusaha melakukan stimulasi terbaik untuk anaknya, karena belum mempunyai adik sih sulung pasti mendapatkan perhatian penuh dari orangtua atau orang sekelilingnya. Oleh sebab itu, tidak lah aneh kalau anak anak pertama atau sulung cenderung lebih cerdas.

Nah, mengapa anak kedua mempunyai kecenderungan untuk berbeda dengan anak pertama dan cenderung untuk mempertanyakan peraturan? Anak kedua ingin berbeda dari kakaknya dan tidak mau menjadi bayang-bayang kakaknya yang selalu berusaha menjadi yang terbaik karena biasanya orangtua menekankan penting untuk menjadi contoh sang adik.

“Alasan mengapa anak bungsucenderung menunjukkan sikap atau perilaku mandiri dibandingkan kedua kakaknya karena itu sudah menjadi keharusan karena orangtua sibuk dengan kedua kakaknya yang lain,” ujarnya.

Hanny menegaskan, sebagai orangtua, Anda perlu melakukan pengasuhan terbaik terhadap anak anak yang telah dilahirkan, dan tidak perlu terpaku pada hasil riset ini. Dan sebagai calon orangtua, Hanny berpesan agar sebaiknya menjadikan hasil riset ini sebagai patokan untuk melakukan pola pengasuhan yang lebih baik, sehingga kepribadian anak tidak terpengaruh dari urutan kelahiran.

Anak diharapkan juga mampu untuk mencapai segala potensi yang ada didalam dirinya sehingga mereka menjadi anak yang sehat, merasa nyaman, ceria, kuat, dan cerdas secara emosional ataupun intelektual.

Advertisements

November 4, 2009 - Posted by | Lifestyle

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: